Teori Ruang Dimensi ke 5 Setelah Albert Einstein

19 03 2010

Menurut teori relativitas Einstein, bahwa ruang 3 dimensi plus poros waktu tempat kehidupan manusia terbentuk menjadi ruang yang disebut 4 dimensi. Namun fisikawati dari Universitas Harvard, AS, yang pernah dimuat oleh majalah Times yakni Lisa Randahl dengan berani membuat hipotesa, bahwa di bumi, kemungkinan memiliki “ruang dimensi ke-5.”

lisa-randall-1

Dunia fisika Internasional dibuat terkejut begitu teori yang revolusioner ini dikemukakan.

Pada mei 2009, profesor Lisa bertolak ke Jepang memenuhi undangan Universitas Tokyo dan memberikan kuliah dalam pertemuan itu, dengan berani ia mengemukakan sebuah hipotesa yang bersifat revolusioner, di bumi kemungkinan eksis “ruang dimensi ke-5”.

Karena hipotesa ini saling bertentangan dengan teori tentang ruang 4 dimensi dalam teori relativitas umum Einstein, sehingga dunia fisika Internasional dibuat terperangah.

Lisa menuturkan : “menurut saya di bumi terdapat ruang dimensi ke-5 dan dimensi lainnya. Jika hipotesa ini benar, maka ruang dimensi lainnya (dimensi 5) sebenarnya tidak jauh dari kita, bahkan dapat dikatakan sangat dekat, hanya saja mereka tersembunyi dengan baik, hanya saja kita tidak dapat melihatnya.”

Jika Lisa bernasib mujur, maka paling cepat tahun depan, ia dapat mengubah hipotesa ruang dimensi ke-5 nya menjadi teori yang baru sepenuhnya. Ini dikarenakan, pusat riset atom Eropa saat ini tengah membangun sebuah mesin tabrak partikel yang terbesar di dunia di kedalaman 100 meter lebih di bawah tanah di perbatasan antara Perancis dan Swiss.

lisa-randall-2

Jika dioperasikan secara resmi, maka dalam beberapa pekan ke depan, mesin unik ini dapat menjawab sejumlah soal yang paling muskil dalam fisika, misalnya struktur dan asal muasal alam semesta, serta ruang dimensi lain dan sebagainya. Menurut informasi, bahwa proyek percobaan dengan skala yang belum pernah ada sebelumnya itu telah mengumpulkan ilmuwan dari 34 negara di dunia, dengan menelan biaya mencapai 4 miliar dollar AS.

lisa-randall-3Di Universitas Tokyo, profesor Lisa meninggalkan pesan “Yakin dengan intuisi dan nikmati ilmu pengetahuan”. Lisa berharap dapat mendorong semangat ilmuwan muda lainnya dengan kata-katanya ini, dan bisa seperti dirinya, menemukan kemungkinan yang tak terbatas dari suatu ketidakdugaan, menerobos “dunia laki-laki”.

Selama ini, teori fisika yang dalam dan sulit dimengerti dianggap sebagai “dunia-nya laki-laki” oleh akademisi Internasional, namun terhadap purbasangka yang umum ini, Lisa Randahl dengan berani menantangnya.

Sebagai seorang profesional dalam bidang fisika Universitas Harvard, bertahun-tahun Lisa melakukan penelitian cermat. Dalam sebuah karya representatifnya : Menyingkap misteri dimensi alam semesta yang tersembunyi, karena menceritakan secara mendetail tentang alam semesta, sehingga masuk dalam salah satu dari 100 buku best seller dunia pilihan , dan diakui sebagai fisikawati “dimensi ekstra” yang paling berpengaruh di dunia saat ini.

warped-passagesDalam bukunya Ibu Randall (Warped Passage) ini menarik karena mengisahkan perjalanan para peneliti fisika untuk mencari tahu dan kemudian memprediksi apakah dimensi lain selain yang kita tahu hingga saat ini (3 dimensi ditambah waktu jadi ada 4 dimensi) itu ada? Kalau ada, mengapa kita tidak dapat melihat dan merasakan itu? Apakah pengaruhnya terhadap hukum-hukum fisika yang sudah kita ketahui? Kemudian, apa manfaatnya terhadap kemanusiaan? Pengisahannya juga mudah dipahami karena penuh analogi, mulai dari Alice in Wonderland, Willy Wonka sampai film-film sains fiksi.

Beberapa hal tentu saja mengerutkan dahi seperti pada bab-bab awal yang mengisahkan awal perjalanan teori gravitasi Einstein hingga teori relativitasnya. Kemudian beralih ke Brane, entitas di ranah teori dimana semua dimensi yang saat ini kita ketahui berada di dalamnya.

Saya baru baca hingga pada bagian hukum mekanika kuantum dan relativitas Einstein yang akan menjadi dasar pencarian dan eksplorasi keberadaan dimensi lain pada ranah partikel.

Ternyata setelah quark ada entitas yang jauh lebih kecil lagi.
Seperti kata Steve Reich, setiap 10,20,30 tahun, kita akan membuka satu pintu lagi yang membuat kita semakin mengerti tentang alam semesta.

Pada mulanya adalah atom, kemudian, elektron dan proton, kemudian quark dan string theory.

//


Actions

Information

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: